Indonesia Pengguna Facebook Tertinggi di Asia

Posted by Admin KDM 0 komentar
Jakarta - Indonesia merupakan pengguna jejaring sosial Facebook tertinggi di Asia. Hingga akhir tahun lalu terdapat 38,6 juta orang Indonesia yang menggunakan Facebook. "Hingga Desember 2010 ada 38,6 juta orang Indonesia pengguna Facebook," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Freddy Tulung, di Jakarta, Rabu, 9 November 2011.

Pengguna

Freddy menambahkan jumlah pengguna Facebook di Indonesia juga terbilang fantastis karena tidak berbeda jauh dengan jumlah pengguna Internet. "Hingga periode yang sama jumlah pengguna Internet di Indonesia sebanyak 39,7 juta orang," ujar dia.

Banyaknya pengguna Facebook ternyata mengundang kekhawatiran. Bagi para penggunanya, Facebook memiliki berbagai risiko, seperti pemanfaatan situs pertemanan itu sebagai alat untuk kegiatan terorisme dan perdagangan manusia. Selain itu penyebaran konten pornografi sering juga memanfaatkan Facebook.

Namun, lanjut Freddy, risiko-risiko itu dapat dicegah melalui beberapa pendekatan, yaitu kontrol dari keluarga dan lingkungan. "Kementerian Komunikasi dan Informasi juga bisa membuat software untuk mencegahnya," ujarnya. Pendekatan terakhir adalah melalui penegakan hukum atas risiko yang mungkin terjadi.

Meski berbagai risiko terus menghantui pengguna Facebook di Indonesia, hingga kini Kemenkominfo memang tidak memiliki rencana untuk menutup akses situs Facebook secara total di Indonesia.

"Konten di dalam Facebook mungkin bisa kami tutup. Tapi menutup Facebook secara keseluruhan itu tidak mungkin," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar.

POPULAR POST

Cerita seks terbaru 2012

Foto cewe jepang montok

Foto dewi persik mandi

Video panas artis wiwid gunawan
@2011-kiblatduniamaya