Speed Boat Ferrari, Tercepat di Dunia



Speed boat bermesin Ferrari, Hydroplane Arno XI, siap dijual kepada penawar tertinggi oleh balai lelang RM Auctions Europe di Monaco pada musim semi tahun ini.

Dilansir Autoevolution, Jumat 24 Februari 2012,speed boat ini dirancang oleh pengusaha otomotif kaya raya asal Italia, Achille Castoldi dan pembalap Grand Prix Ferrari Alberto Ascari serta Luigi Villoresi pada 1952 silam.

Hydroplane Arno XI dibekali mesin Ferrari V12 berkapasitas 4.500 cc, yang berhasil memenangkan rekor kecepatan dunia pada 15 Oktober 1953. Rekor itu ditorehan untukhydroplane di kelas 800 kg di Danau Iseo, Italia, dengan kecepatan puncak mencapai 241,7 km/jam.

Mesin Ferrari yang digunakan Arno XI serupa dengan mesin yang digunakan pada mobil balap Grand Prix tipe 375, sports twin supercharger,karburator ganda Weber 4-Choke, dua busi tiap silinder dan mampui menyeburkan tenaga hingga lebih dari 600 hp.

Usai pensiun dari dunia hydroplane, Castoldi menjual speed boat itu ke seorang insinyur bernama Nando dell'Orto. Ia kemudian memodifikasinya dengan menambahkan sirip, yang berfungsi menstabilkan.

Kini Arno XI telah direstorasi dan telah kembali seperti kondisi aslinya. Diperkirakan penawaran lelang nanti berkisar di angka US$2 juta atau sekitar Rp18 miliar.

Subscribe to receive free email updates: